Jumat, 02 November 2012

OMG, Lupa !!!!

Hello guys!! Minggu-minggu ini pasti kalian sedang sibuk menghadapi UTS . Tapi kebetulan hari Rabu kemaren gue baru selesai menghadapi UTS. Nah guys, pasti yang paling nyebelin itu kalau kita udah capek-capek belajar ehh tiba-tiba semua ingatan akan pelajaran yang telah kita hafal hilang. Dan ini pernah terjadi jga dengan gue. Tapi gue punya ide n tips nih buat kalian yang pernah mengalami hal yang sama dengan gue ketika menghadapi ujian . Ide ini gue dapetin ketika menghadapi ujian gue sering kali menghadapi masalah ini nih .

Oke guys, biar ga kejadian lagi kaya gitu , ada nih resep jitunya :

1. Beri Tanda atau Gambar di Setiap Rumus



Kita bisa menggunakan pensil atau spidol warna warni untuk menandai setiap rumus atau subtopik yang penting di buku kita maupun catetan kita. Tips ini ampuh guys, jadi kita ga malas untuk membacanya dan menghafalnya bila rumus atau materi yang akan kita hafal kita beri tanda atau gambar dengan pensil warna warni sekreatif mungkin.

2. Singkatan Nama

Ketika kita melihat lambang rumus pasti kita malas untuk menghafalnya. Ada cara mudah nih guys untung menghafalnya dengan menggunakan singkatan nama. Misalnya rumus mencari volume balok adalah p x l x t. Anggap P adalah puisi , l adalah lupa , t adalah tampan.

3. Merapikan Catatan

Usahakan catatan kalian bisa serapi dan semenarik mungkin karena kalau tidak rapi alias acak acakan pasti kalian akan malas membacanya apalagi menghafalnya. Ada tips biar catetan kalian rapi , yaitu catetlah hal hal yang penting selama perkuliahan/di sekolah di selembar kertas atau note kecil lalu sampai di rumah kalian salin serapi mungkin.

4.  Best Place

Memori otak selalu mengingat hal-hal kecil yang paling berkesan. Makanya ketika kita ingin belajar lakukanlah di tempat tempat yang paling nyaman misalnya kita belajar ketika duduk di sofa atau belajar di taman.

5.  Hubungkan Rumus

Mencoba untuk menghubungkan rumus dengan hal apa pun yang paling mudah diingat gue rasa cukup ampuh agar kita ga cepat  lupa dengan rumus tersebut.

6.   Bikin Flashcard

Coba deh tulis lagi semua yang udah kita pelajari di sebuah note kecil tapi bukan buat contekan yah. Menulis bisa membantu kita mengingat materi, sehingga tanpa kita sadari, kita pun jadi belajar dua kali. Flashcard juga memudahkan pas kita mengulang membaca materi di mana dan kapanpun. Gunakan bahasa sendiri dan tulis bagian penting dari materi pelajaran tersebut. Biar menarik kita bisa menggunakan tinta warna warni. Semakin sering mungulang makin banyak yang kita ingat, guys.

7.  Buat Outline

Biasanya kita paling malas untuk menghafal materi pelajaran yang memiliki banyak cabang. Supaya gampang, kita bisa membuat outline dari materi itu. Dengan cara ini otak bisa lebih mudah mengerti, karena materi udah terstruktur dengan rapi.

Semoga ide dan tips gue kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yah !! Dan selamat menempuh UTS :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar