Selasa, 18 September 2012

Bagaimana Cara mengedit Video dengan " Windows Live Movie Maker"

Haii guys!! Sesuai dengan janji gue minggu kemaren nih sekarang gue mau nge posting dan mengajarkan lo semua gimana sih caranya mengedit video menggunakan "windows Live Movie Maker " Pertama kali dapet ide untung mengedit video dengan menggunakan aplikasi "Windows Movie Maker" adalah waktu gue lulus dari SMA. Daripada melakukan kegiatan yang ga jelas nah makanya itu gue iseng iseng mencoba aplikasi ini dan alhasil lumayan banyak video yang udah gue edit trus gue posting di youtube. 

Apasih "Windows Live Movie Maker ?." Mungkin diantara lo semua ada yang belom tau yah nah ini gue jelasin sedikit nih apasih "Windows Live Movie Maker itu .

Windows Movie Maker (sebelumnya dikenal sebagai Windows Live Movie Maker, nama kode Sundance, untuk Windows 7) adalah video editing software yang merupakan bagian dari suite Essentials Microsoft Windows software.
Windows Movie Maker menawarkan kemampuan untuk membuat dan mengedit video dan kemudian dapat di publikasikan  ke SkyDrive, Facebook, YouTube, dan Flickr secara gratis. Kalian bisa menambahkan musik dalam video kalian , atau lirik lagu dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang belom memiliki aplikasi Windows Live Movie Maker, kalian bisa download di :



Nah, berikut ini gue akan jelasin ke lo semua tahap - tahap cara mengedit video menggunakan " Windows Live Movie Maker"

Pertama , pilih Start lalu klik Windows Live Movie Maker.






Selanjutnya klik "add videos and photos" yang ada di pojok kiri atas toolbar.


Kalau udah , kalian bisa pilih video mana yang ingin kalian edit atau foto mana yang ingin kalian masukkan ke dalam video kalian .Kalau sudah, klik "open".


Nah nanti akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini nih , guys.Kebetulan contoh yang gue terapin ini gue mau buat video yang isinya foto foto penyanyi favorite gue " Brandon Urie". Kalian bisa juga kok menambahkan video dan foto sekaligus yang nantinya akan menjadi 1 video.


Langkah selanjutnya kalo kalian mau menambahkan backsound buat video kalian , klik "add music" di pojok kiri atas toolbar seperti tampilan gambar di bawah ini :


Kalo lo udah klik "add music", pilih musik mana yang pengen lo masukin ke dalam video lo yang nanti akan jadi backsound video lo. Kalau udah klik open.


Nah kalo udah lo bisa klik tanda "play" di bawah gambar untuk mendengarkan backsound video tersebut. Ga hanya 1 lagu saja yang bisa lo tambah ke dalam video lo ini tapi bisa lebih dari 1 lagu , dan lo bisa juga menyesuaikan durasi dari lagu tersebut.


Nah selanjutnya kalo lo mau memberi beberapa animassi di video atau foto lo , lo bisa klik foto atau video lo yang mau lo beri animasi , trus klik "animation" pilih animasi  mana yang mau lo gunakan.






Selanjutnya , gimana sih caranya kalo video atau foto lo mau ditambahin title atau tulisan tulisan semau lo gitu ? nah gini nih guys, pilih " Home" klik "title" jika lo mau menambahkan judul awal pada video lo . Trus kalo lo mau menambahkan teks pada foto atau video lo pilih "home" klik "caption". Dan kalau lo mau menambahkan kredit pada akhir video pilih "Home" klik " credits".





Nah trus, kalau lo mau nambahin efek berwarna dan lain lain pada foto atau video lo ,klik foto atau video yang mau lo beri efek lalu pilih "visual effect" lalu pilih efek mana yang mau lo tambahin. Kebetulan contoh yang gue terapin, seperti gambar di bawah ini menggunakan efek "threshould" . Ada banyak pilihan efek guys , jadi kreasikan video buatan lo sekreatif mungkin yah!!.




Nah, kalau sudah puas mengedit video lo , simpan video lo dengan cara klik "movie maker" di paling pojok kiri atas , lalu pilih "Save movie" lalu pilih kualitas atau format video yang lo inginkan . 



Kalian juga bisa langsung memposting video kalian ke youtube, facebook, dan flickr dengan cara klik "Home" trus klik icon "youtube" jika ingin di posting di youtube atau klik icon " facebook" jika ingin diposting di facebook yang terletak di pojok kanan atas.


Nah , itulah tips dari gue gimana sih caranya mengedit video dengan menggunakan "Windows Live Movie Maker" . Kalau lo mau liat gimana hasil karya editan video gue , bisa klik di :  
http://www.youtube.com/user/deenapd?feature=mhee

Gue harap lo semua bisa mendapatkan manfaat dari postingan gue diatas dan Selamat mencoba yah guys!!! 

Berikut ini gue tampilkan contoh video yang gue buat sendiri via Windows Movie Maker. 


3 komentar:

  1. kalo cara biar tulisannya bisa warnanya rubah rubah gimana yaa?

    BalasHapus
  2. untuk nge-save video yang telah kita edit kok gagal (not responding), ada saran nggak ??

    BalasHapus
  3. contoh video hasil editan agan dengan durasi pendek, kalo untuk durasi panjang di windows live movie maker apa juga bisa gan ?
    Link berikut hasil editan ane dengan windows movie maker >> https://www.youtube.com/user/RedYTInfongawi

    BalasHapus