Senin, 22 Oktober 2012

Cara Menulis Kreatif

Haii guyss!!! Kali ini gue mau posting tentang tips tips menulis yang kreatif. Gue dapet tips tipsnya berdasarkan pengalaman gue sendiri.

Oke, langkah pertama : Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti; pensil/pulpen, kertas, novel atau sumber ide lainnya.

Langkah kedua : Kita harus berkonsentrasi penuh dengan apa yang ingin kita tulis misalnya kita ingin menulis cerpen dan juga kita harus berkonsentrasi penuh menulis, tidak sambil nonton televisi atau makan. Karena hal ini dapat menyebabkan ide ide kreatif kita menjadi hilang karena tidak terfokus pada apa yang ingin kita tulis.

Langkah Ketiga : Tentukan tema atau topik apa yang ingin kita tulis , misalnya kita ingin membuat cerpen dengan tema kegiatan kita selama liburan sekolah. Kita harus benar - benar mengerti apa tema dari cerpen yang kita tulis agar ketika ide-ide cerita muncul kita dapat berfokus pada 1 tema sehingga kita tidak mengubah ubah tema cerita lagi..

Langkah Keempat : Tulislah poin - poin dari cerita yang ingin kita buat pada selembar kertas sebelum dijabarkan menjadi sebuah cerpen. Hal ini diperlukan untuk mengurangi kesalahan dalam penulisan

Langkah Kelima : Kembangkan poin poin cerita tadi menjadi suatu cerpen yang bertema. 


Nah guys, sekian tips dari gue semoga bermanfaat bagi lo semua yah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar